Berita

Sebanyak 51 Tenaga Pendamping Kelompok BKB Ikuti Pelatihan

Kamis Pahing, 25 Agustus 2016 12:31 WIB 514

foto

Dalam rangka mensosialisasikan keterpaduan Kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) di tingkat Desa, sebanyak 51 Tenaga Pendamping Kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) mengikuti Pelatihan di Aula BKKPPKB Bantul. Pelatihan ini diselenggarakan pada 23-25 Agustus 2016 yang diikuti masing-masing kecamatan sebanyak 3 (tiga) Kasi Pelayanan Desa.

Pada pelatihan yang diselenggarakan selama 3 (tiga) hari ini dipaparkan beberapa materi tentang BKB antara lain Pelaksanaan Keterpaduan BKB PAUD di Posyandu yang disampaikan Kepala Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) BKKPPKB Bantul Drs. Lukas Sumanasa, M.Kes. Peran PKK dalam Program Keterpaduan BKB PAUD di Posyandu oleh Ketua TP PKK Kabupaten Bantul.

Pada hari kedua pelatihan (24/8) Drs. Dwijono Hartanto, S.Pd, MM dari Dinas Dikmenof Bantul berkesempatan menyampaikan materi dengan judul Membentuk Karakter Anak Sejak Usia Dini. Dilanjutkan materi 9 (sembilan) Pesan Keluarga Kuat di Era Digital oleh Nindyah Rengganis, S.Psi. dari ECCD RC Yogyakarta. Juga disampaikan materi Deteksi Tumbuh Kembang Balita yang disampaikan oleh Dinas Kesehatan Bantul, serta materi Membentuk Keluarga Hebat dengan 9 (sembilan) Dimensi yang disampaikan oleh Kepala Sub Bidang Pembinaan Ketahanan Keluarga KSPK BKKPPKB Bantul, Kodrat Untoro, S.Sos.

Di hari terakhir pelatihan (25/8) Kelompok BKB Cempaka yang berdomisili di Krapyak Kulon Panggungharjo Sewon Bantul menyampaikan materi mengenai Manajemen Pengelolaan Kelompok BKB serta Kartu Kembang Anak (KKA) dan praktik pengisiannya.

Penanggung jawab kegiatan, Kepala Sub Bidang Pembinaan Ketahanan Keluarga KSPK BKKPPKB Bantul, Kodrat Untoro, S.Sos mengharapkan dengan diselenggarakannya pelatihan ini Pemerintah Desa dapat mengganggarkan dana untuk meningkatkan kapasitas kader Kelompok BKB.